BAB - I
LATAR BELAKANG

Pada GBP GBKP tahun 2010-2015 dinyatakan bahwa perlu dilakukan penelitian SDM sebagai dasar penyusunan kegiatan tahun 2014. Arahan GBP ini terlalu luas dan sulit diteliti secara akurat, sehingga perlu dibuat penajaman prioritas dalam pembinaan sumberdaya manusia. Arahan GBP GBKP antara lain :

  1. Peningkatan SDM bukan hanya dari sudut spiritual dan karakter tetapi juga dalam kemampuan bertahan dan melangkah dalam konteks dunia yang menghibrid ini.

  2. Harus diprogramkan upaya merubah pola pikir yang primordial, yang tidak mampu merubah mind set manusia Indonesia menjadi manusia yang post etnis dan nasionalis, agar menjadi manusia yang fleksible yang bisa bertahan dalam semua konteks global, nasional dan lokal

  3. Selain peningkatan mutu SDM presbiter, juga dilakukan pembinaan warga jemaat, melalui kursus, workshop, pelatihan di PWG, pelatihan kepemimpinan, KTB (Kelompok Tumbuh Bersama ) dan Peningkatan kemampuan berbahasa asing.

Cakupan arahan GBP ini demikian luas sehingga GBKP diperkirakan tidak akan mampu melaksanakannya, karena kurangnya sumberdaya maupun infrastruktur. Oleh karena itu pada penelitian kali ini akan diupayakan untuk menyusun strategi pembinaan SDM GBKP yang akan dilaksanakan secara berkesinambungan. Selanjutnya konsep strategi ini akan diseminarkan untuk memperoleh masukan dan selanjutnya menyusun konsep strategi pembinaan yang final.